PKS

Nilai Kemenag Ceroboh Soal Rilis Mubalig

FOTO | ISTIMEWAPolitisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mahfudz Siddiq
A A A

JAKARTA - Kemenag menuai pro dan kontra usai merilis 200 nama penceramah atau mubalig sebagai rekomendasi penceramah. Salah satunya datang dari Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mahfudz Siddiq yang menilai langkah tersebut justru ceroboh.

"Tindakan kemenag merilis daftar ulama yang dinilai punya komitmen kebangsaan, adalah tindakan ceroboh dan berbahaya," ujar Mahfudz, kepada INILAHCOM, Sabtu (19/5/2018).

Bahkan kata Mahfudz, langkah Kemenag tersebut justru bakal
memicu reaksi balik negatif ke pemerintah.

"Walaupun kemenag akan mengeluarkan daftar lanjutan, hal itu tidak akan bisa menutup masalah baru yang muncul," tuturnya.

Anggota DPR dari PKS ini pun menyayangkan ada beberapa nama ulama yang populer seperti Ustadz Ambdul Somat tidak ada dalam rilis 200 nama penceramah yang direkomendasikan oleh Kemenag.

"Sementara ada ulama-ulama populer yang berilmu dan diterima luas malah tidak ada dalam daftar. Yang jadi masalah bukan ada atau tidak ada dalam daftar. Tapi daftarnya itu sendiri yang jadi masalah," tuturnya.

Kemenag telah merilis 200 nama penceramah guna direkomendasikan bagi masyarakat, mengingat selama ini, Kementerian Agama sering dimintai rekomendasi mubalig oleh masyarakat.

Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
200 daftar nama penceramah itu telah memenuhi tiga kriteria, pertama memiliki kompetensi keilmuan agama mumpuni, reputasi baik, dan komitmen kebangsaan. Daftar nama itu merupakan hasil masukan tokoh agama, ormas keagamaan, dan tokoh masyarakat.

Kode:01
Sumber:inilah.com
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...