Menjelang Idul Fitri

Pemko Kembali Gelar Pasar Murah

FOTO | HUMAS PEMKO BANDA ACEH.
A A A

BANDA ACEH – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota kembali menggelar pasar murah. Kegiatan ini digelar dalam rangka mengendalikan harga barang pokok jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Sebelumnya, Pemko Banda Aceh juga telah menggelar pasar murah jelang Ramadhan dan juga pada bulan puasa.

Pasar murah ini dibuka langsung oleh Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM, Kamis (7/6/2018) di Gampong Ateuk, tepatnya di depan Taman Makam Pahlawan. Penyerahan barang pokok oleh Wali Kota kepada pembeli perdana menandai pasar murah ini dimulai.

Ada 4 item barang pokok yang dijual untuk warga kota dengan harga yang telah disubsidi, yakni telur, tepung terigu, minyak goreng kemasan dan gula pasir.

“Harganya lebih murah dari harga dipasaran, karena telah kita subsidi,” ujar Aminullah saat membuka kegiatan ini.

Kata Wali Kota, untuk gula pasir dan tepung terigu, Pemko memberi subsidi Rp.1500/kg. Minyak goreng juga disubsidi sebesar Rp.1500/liter. Sementara telur disubsidi sebesar Rp.200/butir.

Aminullah mengatakan, pasar murah ini digelar sebagai upaya untuk mengendalikan harga, dimana sering terjadi kenaikan harga barang pokok jelang Hari Raya Idul Fitri.

“Ini upaya kita untuk mengendalikan harga. Saya lihat jelang Hari Raya harga barang pokok cenderung naik, terutama beberapa tahun yang lalu. Alhamdulillah, tahun ini harganya tidak naik,” kata Wali Kota.

Lanjutnya, pasar murah yang digelar Pemko Banda Aceh juga mendorong sejumlah lembaga lainnya di Banda Aceh menggelar kegiatan serupa. Seperti yang dilakukan Bulog, Taspen dan BI, juga telah melaksanakan kegiatan pasar murah disejumlah lokasi di Banda Aceh.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota menegaskan barang pokok yang dijual di pasar murah hanya untuk warga ekonomi lemah.

“Ini hanya untuk warga kita yang ekonomi lemah. Kalangan menengah ke atas tidak dibenarkan. Kita juga tidak jual kepada pedagang untuk dijual kembali,” tegasnya.

Stok mencukupi, Warga diminta Tertib

Wali Kota meminta kepada warga kota yang berbelanja dipasar murah tidak berdesak-desakan dan diminta tetap tertib karena stok mencukupi.

Data yang disampaikan Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh, T Iwan Kesuma stok barang pokok yang disedikan di pasar murah mencukupi.

Untuk pasar murah di Gampong Ateuk dan Halaman Masjid Baitussalihin, seluruhnya disediakan gula sebanyak 15 Ton, Minyak Goreng 15.000 liter, tepung terigu 6 ton dan telur 80.000 butir.

Lanjutnya, selain digelar oleh Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, pasar murah juga digelar oleh BI dan Bulog di sejumlah wilayah di Banda Aceh.

“Besok, BI juga gelar pasar murah di Masjid Baitussalihin Ulee Kareng dan Peunayong. Semakin banyak semakin bagus untuk meringankan beban warga kota untuk memenuhi kebutuhan jelang Hari Raya Idul Fitri,” tutupnya.

Jumlah Persediaan Barang Pokok Pasar Murah Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan:

Gula Pasir 15 Ton, Subsidi Rp1500/kg
Minyak Goreng Kemasan 15.000 liter, subsidi Rp1500/liter
Tepung Terigu 6 Ton, subsidi Rp.1500/kg
Telur 80.000 butir, subsidi Rp200/butir.(mkk)

Penulis:MKK
Kode:01
Rubrik:Breaking News

Komentar

Loading...