Polres Sabang

Sosialisasi Deklarasi Pemilu Legeslatif dan Pilpres Aman Damai dan Sejuk

MEDIAACEH.COM | JALALUDDIN ZKYWhatsApp-Image-2018-09-13-at-16.01.40
A A A

SABANG - Menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) Legeslatif dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang Polres Sabang Kamis (13/09/18) bertempat di Rumoh Kaye Caffee, melaksanakan Deklarasi Pemilu Aman Damai dan Sejuk saat digelar Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Presiden Republik Indonesiah 2019 mendatang.

Deklarasi tersebut dihadiri Walikota Sabang, Ketua DPRK M Nasir, Kapolres Sabang AKBP Syahrul SIK, Dandim 0112/Sabang Letkol Czi Kholid Firdaus, Kadis Ops Lanud Mus Sabang Mayor Lek Bambang Aji, Danlanal (diwakili), Ketua PN Zulfikar SH, Ketua MAA H Ramli Yus, Ketua Forum Keuchik se-Kota Sabang Adnan Hasyim, Para ketua Partai Politik se Kota Sabang dan Perwira Polres Sabang undangan perwakilan masyarakat.

Walikota Sabang Nazaruddin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada undangan hadir dalam kegiatan Deklarasi Pemilu Aman Damai dan Sejuk yang buat oleh polres Sabang, semoga Deklarasi Pemilu Aman Damai dan Sejuk, benar-benar dapat terjaga dan dijalankan dengan baik.

"Atas nama pimpinan daerah Kota Sabang, mengajak kepada kita semua untuk menciptakan pemilu yang aman damai dan sejuk, kepala boleh panas tapi hati harus dingin karena Kota Sabang kota yang kecil dimanapun kita pasti akan berjumpa maka, seperti dijuluki masyarakat Sabang masyarakat yang kompak dan kuat dalam persaudaraaan," katanya.

Ditambahkan, Pemilu merupakan sebuah kegiatan setiap bangsa di negara demokrasi, pilihan boleh beda tetapi persatuan tetap.harus bersatu dan tidak boleh saling menyalahkan, menjelaskan dan adu domba, kita harus bisa menunjukan kepada para pendahulu yang mana sudah membuat Sabang selalu aman dan damai, ungkap Walikota.

Mewakili masyarakat Ketua MAA Kota Sabang H Ramli Yus, menyampaikan untuk kita ketahui bersama harga barang ini terus naik akan tetapi harga fitnah bagaiamana pun harus turun dan ini lah yang menjadi permasalahan karena seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya fitnah itu lebih kejam daripada pembunuhan dan jangan sampai hanya karena Pemilu, kita kita saling memfitnah hanya untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan kelompok.

Perlu dipahami bersama barang siapa yang memberikan uang dan menerima uang dalam kasus money politik, maka haram hukumnya baik penerima maupun bagi sipemberi jika itu yang dilakuka dosa besar akan menyelimutinya, terang Ramli Yus.

Menanggapi penyampaian forum Kapolres Saban AKBP Syahrul SIK menjelaskan tujuan terlaksananya Deklarasi Pemilu Aman Damai dan Sejuk, sebagai pertemuan silaturrahmi untuk membuka dialah bagi kita semua dalam rangka menuju Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

Nyatanya begitu kita berkumpul disini banyak sekali yang muncul ide dan saran yang bisa kita bahas dalam forum ini, meskipun waktu yang singkat dan tentunya banyak yang tidak memungkinkan bisa kita bicarakan sampai tuntas.

Berbicara Pemilu Aman Damai dan Sejuk ada beberapa yang kita maknai, Pemilu Aman kami Kepolisian bertanggungjawab memberi keamanan bagi masyarakat kapanpun termasuk saat pelaksanaan Pemilu.

Akan tetapi berbicara damai, itu bisa terjadi apabila pelaku itu sendiri bisa menahan diri, menjunjung tinggi tata cara berdemokrasi dan tidak melakukan hal-hal diluar aturan Pemilu. Kemudian berbicara sejuk, itu juga bisa dicapai apabila dilingkungan masyarakat saling menghembuskan angin segar, sehingga kesejukan akan meliputi masyarakat, jelasnya.

Terkait dengan pelanggaran-pelanggaran Pemilu, itu akan diselesaikan oleh Gakkumdu sebagai penegakan hukumnya pada saat Pemilu dan dalam hal tersebut kepolisian tidak bisa ikut campur kedalam pelanggaran tersebut, akan tetapi apabila menyangkut dengan tindak pidana maka itu adalah wewenang polisi.

Tentang adanya intimidasi, siapa pun tidak mempunyai wewenang untuk melakukan hal itu, jika ada yang mengintimidasi itu merupakan perbuatan melawan hukum dan masuk ke ranah KUHP. Oleh sebab itu, siapa pun yang dipilih oleh rakyat polisi selalu mendukung.

Untuk itu kepada rekan-rekan semuanya sudah paham dan mengerti apa resiko dari money politik dan hindarilah cara-cara tersebut sehingga terciptanya Pemilu yang sehat.

Deklarasi ini dilakukan sebagai ajang forum komunikasi dan silaturahmi, ajang tukar pendapat sehingga apabila ada suatu permasalahan dilapangan kita dapat menyelesaikan nya bersama-sama dan juga deklarasi ini merupakan jalan kita untuk melakukan Pemilu yang Aman Damai dan Sejuk, paparnya.

Diharapkan persaudaraan yang sudah terjalin baik tidak terusik oleh cara pandangan yang berbeda, Negara Kwsatuan Republik Indonesia (NKRI), tidak terusik harus Aman Damai dan Sejuk pada Pemilu 2019 nantinya, harap Kapolres Syahrul.

Usai dialog Deklarasi Pemilu Damai Aman dan Sejuk, kemudian dilakukan penandatanganan bersama Unsur Forkopimda Sabang beserta para pengurus partai.

Penulis:Jalaluddin Zky
Kode:01
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...