Peringatan Harhubnas 2018 Digelar di Navigasi Sabang

MEDIAACEH.COM | JALALUDDIN ZKY.
A A A

SABANG - Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2018, dilaksanakan di halaman kantor Navigasi Sabang, pada upacara yang diikuti UPT Kementerian, BPKS, BMKG, Dinas Perhubungan, Unit Pengelola Pelabuhan Balohan, Basarnas dan mitra Perhubungan, Senin (17/9).

Inspektur upacara Kepala Navigasi Sabang Abdul Rahman SH dihadiri Siti Hajar (Kepala KSOP Sabang), Agus Salim (Deputy Komeesial, mewakili Kepala BPKS), Zulkarnain (Direktur Pelabuhan BPKS), Husaini (KUPP ASDP Balohan), Siswanto (Kepala BKMG MUS) dan Dodiek (Perhubungan Udara MUS) .

Sambuatan Menteri Perhubungan yang dibacakan Kepala Navigasi Sabang, menyampaikan peringatan Harhubnas memiliki dua sisi manfaat yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Sisi yang pertama adalah terbentuknya jiwa korsa dan kebersamaan seluruh anggota keluarga besar perhubungan.

Manfaat sisi kedua terciptanya apresiasi positif stakeholder dan masyarakat terhadap organisasi dan insan perhubungan yang saat ini terus-menerus berubah untuk menjadi lebih baik dalam upaya peningkatan keselamatan dan pelayaran jasa transportasi.

Oleh sebab itu, peringati Harhubnas kali ini harus dimaknai sebagai momentum yang tepat, untuk merenungkan kembali terhadap kinerja masing-masing. Maka, sesuai tema "Butuh Rukun Bang Bangsa". Hal ini untuk mempresentasikan bagaimana seluruh elemen sektor perhubungan baik Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun swasta dan masyarakat.

Keberhasilan pembangunan pemerintah tidak akan berhasil tanpa disertai jiwa kebersamaan dan gotong-royong, dimana bermusyawarah itu merupakan akar dari kebudayaan kita, sebagai perwujudan harmoni yang telah menjadi perekat sosial, tanpa membedakan suku, ras dan agama.

Hal yang perlu menjadi refleksi pada Harhubnas 2018, adalah pentingnya konsistensi pada spektrum keselamatan (safety) dan pelayanan (servis and hospitality). Meskipun perlu dilakukan efisiensi namun, dalam mengelola efisiensi tidak boleh mengurangi kualitas keselamatan dalam pelayanan perhubungan yang merupakan harga mati dan tidak bisa ditawar.

Sektor perhubungan memiliki peran yang amat strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, keberhasilan pembanguna sangat dipengaruhi peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Dalam memberikan pelayanan publik yang baik dan berkualitas, Departeman Perhubungan menyelenggarakan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), melalui Talenta Pool Silystem, program reform leadership training.

Untuk itu, Pada peringati Harhubnas 2018 telah diagendakan sejumlah kegiatan olahraga, nanti sosial dan seni budaya, dengan harapan menumbuhkan rasa kebersamaan jiwa korsa dan sportivitas kehidupan sehati-hari, demikian sambutan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi.

Penulis:Jalaluddin Zky
Kode:01
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...