Hari Ini Pendaftaran CPNS Dibuka

Lima Jurusan Kuliah Ini Paling Banyak Dicari

FOTO | ISTIMEWAASN Indonesia
A A A

JAKARTA - Anda yang tertarik melamar sebagai PNS, sebaiknya mulai menyiapkan diri. Karena hari ini, Rabu (19/9/2018) pendaftaran seleksi CPNS telah dibuka. Kali ini pemerintah akan membuka lowongan untuk 238.015 formasi yang akan ditempatkan di instansi pusat dan daerah. Beberapa bidang yang banyak menyediakan lowongan ini adalah Kementerian Agama hingga Kemenristek Dikti. Berikut lima jurusan kuliah yang banyak dicari dalam seleksi CPNS 2018 gelombang ketiga kali ini:

1. Pendidikan Guru
Dalam seleksi CPNS 2018 gelombang ketiga dikatakan jika lowongan pekerjaan lebih banyak yang tersedia lebih bersifat teknis dan spesialis untuk membangun daerah tertinggal, terdepan, dan terluar. Salah satu yang bidang ilmu yang paling dibutuhkan dan diprioritaskan adalah jurusan pendidikan guru. Karena sebanyak 88 ribu formasi terbuka untuk para pelamar yang ingin menjadi guru berbagai mata pelajaran. Profesi guru PNS diutamakan untuk para pelamar yang kuliah di jurusan Fakultas Ilmu Pendidikan untuk mengajar di Sekolah Dasar hingga PAUD.

2. Pendidikan Guru Agama
Kementerian Agama menjadi salah satu bidang yang paling banyak membuka lowongan, khususnya untuk guru dan dosen. Sebanyak 12 ribu formasi tersedia untuk ditugaskan di pusat dan daerah. Pelamar yang kuliah di jurusan Pendidikan Agama Islam Islam, Kristen, Katolik, Budha atau Hindu memiliki peluang. Namun untuk posisi sebagai dosen, seleksi CPNS 2018 gelombang tinggi kali memprioritaskan pelamar dengan latar belakang pascasarjana.

3. Pascasarjana
Tenaga yang punya spesialisasi di berbagai bidang juga banyak dibutuhkan, terutama untuk profesi dosen. Karenanya, mereka yang lulusan magister pascasarjana cukup dicari dalam seleksi CPNS 2018 gelombang tiga kali ini. Sebanyak 14.454 formasi terbuka untuk profesi dosen di Kemenristek Dikti dan Kementerian Agama. Mereka diharapkan memenuhi kualifikasi secara akademik dan pendidikan.

4. Teknik
Fakulitas teknik menjadi salah satu jurusan yang dicari dalam seleski CPNS 2018. Sebanyak 30.429 formasi dibuka demi membangun infrakstruktur di pusat maupun daerah.

5. Kedokteran
Untuk membangun daerah-daerah tertinggal, kesehatan juga perlu diutamakan. Karenanya, banyak lowongan untuk tenaga medis dalam seleksiCPNS 2018. Jurusan kedokteran pun terbuka untuk 60.315 formasi yang akan ditugaskan menjadi dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, dan paramedis. Pelamar yang kuliah di jurusan Fakultas Ilmu Kedokteran atau Kesehatan Masyarakat pun punya banyak kesempatan untuk jadi PNS tahun ini.

Kode:01
Sumber:detik.com
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...