Selain Smartphone Layar Lipat

Lenovo Juga Siapkan Tablet Lipat?

FOTO | ISTIMEWANokia 8
A A A

JAKARTA - Kabar mengenai smartphone layar lipat tengah hangat dibicarakan. Alasannya, sejumlah vendor smartphone kenamaan macam Samsung dan Huawei dilaporkan tengah serius menggarap perangkat tersebut.

Selain kedua vendor di atas, vendor lain yang dilaporkan tengah mengembangkan perangkat serupa adalah Lenovo.

Namun, dari laporan terbaru, perusahaan asal Tiongkok itu tidak hanya menggarap smartphone layar lipat, melainkan juga tablet.

Laporan dari ETNews menyebut Lenovo diketahui telah menjalin kerja sama dengan LG untuk memperkenalkan tablet layar lipat pertamanya ke pasar.

Dikutip dari GSM Arena, Sabtu (20/10/2018), LG Display akan memasok layar lipat berukuran 13 inci untuk produk tersebut.

Perangkat itu bahkan digadang-gadang menjadi tablet terbesar yang ada di pasaran saat ini.

Mengingat ukurannya yang besar, tablet dapat berfungsi layaknya laptop, termasuk saat dilipat. Secara teoritis, hal tersebut memang dimungkinkan.

Ambil contoh, jika Lenovo menggunakan rasio aspek 4:3, saat dilipat ukuran tablet ini akan menjadi 9 inci. Sementara, jika memakai rasio aspek 16:9, ukuran tablet akan menjadi 8 inci saat dilipat.

Keputusan untuk membuat tablet juga disebut bukannya tanpa alasan. Sebab, saat dilipat, tablet masih memiliki layar yang cukup besar, ketimbang smartphone layar lipat.

Di sisi lain, sumber dari LG Display menyebut dengan mempertimbangkan aspek daya tahan dan kegunaan dari industri layar, tablet atau notebook lebih sesuai untuk panel lipat, daripada smartphone.

Kabarnya, panel lipat OLED besutan LG Display ini akan dipasok ke Lenovo pada semester kedua tahun depan.

Sayangnya, belum ada informasi waktu Lenovo akan memperkenalkannya ke publik.

Smartphone Lipat Diumumkan Sejak September 2018
Informasi smartphone lipat Lenovo diketahui dari unggahan mereka di platform Weibo beberapa waktu lalu.

Dalam unggahan itu ditampilkan smartphone berlayar sentuh yang dapat dilipat, mirip dengan smartwatch.

Tanpa ada informasi tambahan, perusahaan tersebut hanya meminta pengguna untuk bersabar menantikan informasi lebih lanjut. Berbekal unggahan itu, banyak pihak memprediksi Lenovo akan ikut meramaikan vendor smartphone lipat.

Sayangnya, belum ada informasi lain yang dapat diungkap. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman lebih lanjut dari Lenovo yang disebut akan dilakukan bulan depan.

Lenovo sendiri sebenarnya sudah tidak asing dengan konsep smartphone berlayar lipat.

Pada Juni 2016, perusahaan sebenarnya sempat menampilkan konsep perangkat layar lipat meski masih sebatas purwarupa.

Huawei Diprediksi Jadi yang Pertama Rilis Smartphone Lipat
Menurut laporan baru, Huawei memang disebut-sebut akan menjadi yang pertama di dunia mengumumkan smartphone layar lipat, bukan Samsung seperti yang banyak diberitakan sebelumnya.

Dilansir Phone Arena, Huawei selangkah lebih maju dibandingkan Samsung soal pengembangan layar yang bisa dilipat.

Perusahaan asal Tiongkok itu dilaporkan berencana mengumumkan smartphone tersebut pada November 2018.

Jika terbukti mengumumkan smartphone tersebut pada November, Huawei akan menyandang gelar sebagai perusahaan pertama yang merilis smartphone layar lipat. Di sisi lain, Samsung berencana mengumumkan smartphone serupa pada awal tahun depan.

Selain Huawei dan Samsung, masih ada sejumlah vendor lain yang dilaporkan tertarik menghadirkan smartphone dengan layar lipat. Salah satunya adalah Apple.

Huawei, Samsung, dan Apple sendiri merupakan tiga vendor smartphone terbesar di dunia.

Adapun menurut sumber internal LG, Apple tengah menyiapkan purwarupa layar lipat. Namun sejauh ini belum ada konfirmasi tentang waktu peluncuran smartphone berlayar lipat tersebut.

Kode:01
Sumber:liputan6.com
Rubrik:Tekno

Komentar

Loading...