Analisis Kotak Hitam Lion Air

Butuh Waktu 3-6 Bulan

FOTO | ISTIMEWABlack Box atau Kotak Hitam Pesawat berisi rekaman data penerbangan.
A A A

JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terus melakukan investigasi untuk mencari penyebab jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP dengan rute penerbangan JT610 setelah ditemukannya black box atau kotak hitam yang berisi rekaman data penerbangan. Dibutuhkan waktu tiga sampai enam bulan untuk menganalisis kotak hitam tersebut.

"Setelah black box ketemu, fokus kita adalah melakukan identifikasi dan menganalisis data-data yang sudah dikumpulkan. Karena black box ini kunci utama untuk bisa tahu penyebab kecelakaan ini," kata Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono, Kamis (1/11).

Proses transkrip terhadap alat perekam tersebut, menurut Soerjanto, akan memakan waktu sekitar dua minggu. Baru setelah itu dilakukan analisis mendalam yang bisa memakan waktu hingga tiga hingga enam bulan.

Soerjanto berharap kecelakaan pesawat ini bisa menjadi pelajaran untuk semua pihak. Karena itu penting sekali untuk melaksanakan setiap rekomendasi yang diberikan KNKT dari sebuah kejadian.
KNKT melaksanakan investigasi. Produk dari investigasi adalah rekomendasi.

“Di bidang transportasi udara respons dari rekomendasi yang kita berikan sudah baik tetapi memang masih ada satu-dua yang belum dilaksanakan oleh beberapa stakeholder. Jadi, kami menghimbau agar rekomendasi yang dikeluarkan KNKT dilaksanakan," katanya.

Kode:01
Sumber:beritasatu.com
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...