Kasus Kekerasan Rumah Tangga

Meningkat di Kota Banda Aceh

FOTO | ISTIMEWAKepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A2KB) Media Yulizar,
A A A

BANDA ACEH - Kasus kekerasan yang terjadi di rumah tangga semakin meningkat di Kota Banda Aceh. Itu di sampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A2KB) Banda Aceh, Media Yulizar, dalam acara keterlibatan perempuan dalam proses pengambilan keputusan dan pemenuhan haknya, di salah satu kampus, Banda Aceh, Selasa, 12 Februari 2019.

Katanya, selama kurun waktu lima tahun. Aceh mengalami kasus kekerasan rumah tangga yang semakin meningkat. Untuk tahun 2014 misalnya, jumlah kekerasan 59 kasus (kasus dalam rumah tangga 38, dan publik atau luar rumah tangga 21), tahun 2015 ada 133 kasus kekerasan (72 rumah tangga dan 6 kasus lain). Tahun 2016 jumlah kekerasan mencapai 172 (122 rumah tangga dan 54 lain), 2017 ada 140 kasus kekerasan (104 keluarga dan 36 lainnya), 2018 kasus kekerasan sebanyak 144 (115 rumah tangga dan 29 lainnya).

Kekerasan yang terjadi, dapat disebabkan berbagai faktor. Misal, lingkungan dan informasi yang salah (hoax). Menurutnya, kekerasan yang sering terjadi di Aceh bukan dalam bentuk fisik. Namun, dapat berupa kekerasan seksual dan lainnya. “Pemerintah Aceh harusnya lebih fokus pada pencegahannya. Karena, kekerasan yang marak terjadi di lingkungan keluarga. Yang dilakukan oleh keluarga terdekat,” ungkapnya.

Dalam hal ini, dapat ditempuh dengan cara memberikan sosialisasi bagi masyarakat sekitar. Dengan melakukan berbagai program dan memberi pengetahuan kepada warga. “Pemerintah harus langsung masuk dan berada di pemukiman warga. Dengan begitu, pemerintah dengan instansi terkait bisa melihat langsung gejala kekerasan dan mereka bisa mengantisipasi gejala-gejala kekerasan yang dialami warganya," kata kadis ini. Selain itu, agar dapat menghalau terjadinya kekerasan dalam keluarga dan dapat menciptakan Kampung Ramah Kekerasan.

Kode:01
Sumber:modusaceh.co
Rubrik:AcehBANDA ACEH

Komentar

Loading...