Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Breaking News

Bappeda Aceh Tenggara Gelar Musrenbang RKPK Tahun 2022

Bappeda Aceh Tenggara Gelar Musrenbang RKPK Tahun 2022

ACEH TENGGARA - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Tenggara, menggelar Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah kabupaten (RKPK) Aceh Tenggara, Tahun 2022, di Oproom Bappeda Setempat.

Acara Musrembang tersebut, dihadiri oleh Bupati, Ketua DPRK, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri Kutacane, Anggota DPRA, dan SKPK, serta paraundangan lainnya.

Bupati Aceh Tenggara H Raidin Pinim, dalam sambutannya menyampaikan bahwa forum Musrenbang ini merupakan forum bagi para pelaku pembangunan, dalam menyusun rencana kerja pemerintah kabupaten Aceh tenggara tahun 2022.

Oleh karena itu, secara normatif Musrenbang ini adalah membahas Rancangan Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) yang bertujuan untuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah.

Hal ini, serta diprioritas pembangunan daerah, menyepakati program kegiatan pagu indikatif dan target kinerja pembangunan, tak kalah penting bagaimana kita selaraskan program pembangunan daerah dengan yang menjadi prioritas pembangunan provinsi, terakhir bagaimana kita mengklarifikasi semua program pembangunan tersebut, jelasnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Tenggara, Yusrizal mengatakan untuk pembahasan dilakukan selama dua hari yakni di mulai tanggal 30 sampai dengan 31 maret 2021.

Dan setelah selesai Pembahasan diharapkan program tersebut di sepakati dan prioritas yg tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa dengan pendekatan Teknokratik, Partisipatif, Politis dan Bottom Up/Top Down yg di integrasikan dengan prioritas Pembangunan Daerah Kabupaten yang termuat di RPJMK Aceh Tenggara 2017-2022.

Liputan Salihan Beruh