Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Breaking News

Begini Awal Terbongkarnya Perkosaan Anak oleh Ayah di Ciputat Tangsel

Begini Awal Terbongkarnya Perkosaan Anak oleh Ayah di Ciputat Tangseldetik.com
Ilustrasi

JAKARTA - Polisi menangkap seorang ayah yang diduga memperkosa anak tiri di Ciputat, Tangerang Selatan. Pelaku telah diamankan dan kasusnya kini masih didalami polisi.

Kapolsek Ciputat Timur, Kompol Jun Nurhaida Tampubolon mengatakan kasus ini bermula saat korban melapor ke bibinya. Korban mengadu sering dicabuli ayahnya tersebut.

"Ya anaknya itu cerita sama bibinya bahwa dia itu sering dicabuli Bapak tirinya gitu," ujar Jun saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (6/4/2021). Kompol Jun sekaligus mengklarifikasi bahwa korban adalah anak tiri pelaku. Sebelumnya, narasi yang beredar di media sosial bahwa korban adalah anak kandungnya.

Sang Bibi yang mendengar pengaduan korban ini kemudian melaporkan pelaku ke polisi.

"Akhirnya bibinya itu datang ke Polsek," ucap Jun.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video yang menunjukkan sejumlah warga berkumpul dan mencari seorang pria bernama Adi viral di media sosial. Warga geram karena pria tersebut diduga memperkosa anaknya.

Kasatreskrim Polres Tangerang Selatan AKP Angga Surya membenarkan adanya kejadian itu dan mengatakan pihaknya sudah menangkap pelaku.

"Sudah diamankan di Polsek. Tadi malam," kata Angga saat dihubungi, Senin, (5/3/2021).

Kasus ini viral di media sosial. Dalam video berdurasi 28 detik memperlihatkan peristiwa keributan di sebuah rumah. Dari keterangan video tersebut, disebutkan jika warga sedang melakukan penggerebekan terhadap seorang pria karena memperkosa anak kandungnya.

Penggerebekan terjadi di kampung Sawah Besar, Ciputat, Tangerang Selatan, Minggu (4/4) malam. Terlihat warga emosi dan berusaha untuk masuk ke rumah tersebut. Sementara beberapa warga lainnya menghalangi dan berusaha meredam amarah warga yang emosi.

Terdengar kata-kata cacian yang terlontar dari warga yang berada di lokasi. Warga juga memanggil-manggil nama Adi untuk keluar dari rumah.