Sekretaris Pusham Unsyiah, Suraiya Kamaruzzaman, menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 20 Januari 2022 episode ke 44 Tahun ke II dengan tema: Apakah Cambuk Solusi Terakhir Bagi Predator Seksual?, yang dipandu oleh host Siti Aminah Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Breaking News

Cara Mengatasi Link WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Link WhatsApp yang Tidak Bisa DibukaIstimewa
Ilustrasi

JAKARTA - Berbagi link adalah salah satu fitur yang ada di WhatsApp. Dengan fitur berbagi link tersebut, pengguna WhatsApp dapat memberikan informasi baik berupa video dan kumpulan dokumen secara lebih cepat. Namun seringkali pengguna mendapati situasi ketika link URL tidak dapat dibuka di WhatsApp.

URL atau Uniform Resource Locator merupakan sebuah tautan atau link dari sebuah alamat laman atau website. Dengan URL maka Anda dapat mengunjungi sebuah website untuk melihat konten dari website tersebut.

Untuk dapat membukanya, pengguna harus bersusah payah menyalin URL dari ponsel ke peramban untuk mengunjungi alamat website tersebut. Kondisi seperti itu membuang waktu terlebih saat Anda terburu-buru. Link URL yang tidak dapat dibuka memiliki tanda berupa alamat link berwarna hitam. Ada beberapa kemungkinan yang terjadi jika link URL di WhatsApp tidak dapat dibuka.

Berikut cara mengatasi link yang tidak bisa dibuka di WhatsApp.

Simpan nomor pengguna jika belum berada di daftar kontak
Cara menyimpan nomor tanpa harus menghafal ataupun mencatat di WhatsApp cukup ketuk opsi 'Tambah Kontak' atau ketuk ikon titik tiga vertikal di bagian atas kemudian pilih opsi 'Tambah Kontak' pilih opsi 'Buat Kontak Baru' untuk menyimpan nomor.

Salin pesan dan tempelkan Kembali
Salin link yang tidak dapat dibuka dengan mengetuk dan menahan isi pesan tersebut. Lalu lihat barisan paling atas dan pilih opsi dengan ikon kertas ganda. Kemudian salin kembali link tersebut ke kolom teks pesan.

Kesimpulannya, pada cara pertama jika tidak ingin menyimpan kontak tersebut Anda bisa menghapusnya setelah membuka dan menyimpan (bookmark) link tersebut.

Sementara pada cara kedua akan lebih mudah melakukannya menggunakan WhatsApp web.

Anda dapat menyalin link tersebut ke peramban lalu menyimpannya untuk dapat digunakan kembali. Anda juga dapat membagikannya ke grup agar para pengguna yang tidak memiliki nomor pengirim pesan dapat langsung membukanya.

Akan tetapi jika setelah melakukan dua mengatasi link yang tidak bisa dibuka di WhatsApp di atas dan saat mengeklik alamat tersebut namun Anda tidak dapat masuk, kemungkinan besar Anda membutuhkan izin khusus dari orang yang membagikan link tersebut. Hal ini biasanya terjadi pada fitur berbagi dokumen seperti Google Doc dan Google Drive.

20210708-ilustrasi-whatsapp_169