Pimpinan Dayah Khamsatu Anwar Aceh Besar, Dr. Tgk Sirajuddin Saman, S.Pd.I, MA (Abi Doktor) menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 26 Mei 2022 episode ke 80 Tahun ke II dengan tema: Kadis Pariwisata Aceh Undang Wulan Guritno Pamer Aurat di Nanggroe Syariah?, yang dipandu oleh host Siti Aminah, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Piala Afrika 2021:

Diwarnai Banyak Kontroversi, Tunisia Minta Laga Kontra Mali Diulang

Diwarnai Banyak Kontroversi, Tunisia Minta Laga Kontra Mali DiulangREUTERS
Suasana laga Timnas Tunisia vs Timnas Mali di Piala Afrika 2021.

MEDIAACEH.COM - Piala Afrika 2021 menjadi bahan pembicaraan pencinta sepakbola dunia usai adanya pertandingan kontroversi antara Tim Nasional (Timnas) Tunisia vs Mali pada Rabu 12 Januari 2022. Tunisia yang dirugikan lantas meminta kepada pihak panitia Piala Afrika 2021 untuk melakukan laga ulang.

Pelatih Tunisia, Monder Kebaier, pun masih belum menerima keputusan wasit yang seketika meniup peluit akhir pada menit 85 dan ke-89 saat menghadapi Mali di Grup F Piala Afrika 2021. Hal ini membuatnya geram karena merasa dirugikan dengan adanya sisa waktu yang belum dijalani.

"Pada menit ke-85 dia meniup peluit akhir. Lagi pada menit ke-89. Seharusnya ada 7-8 menit waktu tambahan. Keputusannya tidak dapat dijelaskan," ungkap Kebaier, dilansir dari Mail Online, Kamis (13/1/2022).

Namun, menurut laporan beIN Sports, Timnas Tunisia kini mengaku ingin melakoni pertandingan ulang karena keputusan wasit tidak masuk di akal. Menurut Kebaier ada sesuatu yang salah dalam laga tersebut.

Selama berkarir sebagai pelatih, baru kali ini ia merasakan kejadian yang tak bisa dijelaskan. Seolah-olah timnya harus menelan kekalahan sebelum laga berakhir.

20220113-t6q1hgrebvpy0t86stzc_11837

"Saya sudah lama melatih tidak pernah melihat yang seperti itu. Bahkan rekan wasit ke-4 sedang bersiap untuk mengangkat papan dan kemudian peluit ditiup," lanjut Kebaier.

Sebelumnya sisa waktu pertandingan yang ada sendiri hendak dilanjutkan oleh wasit, Janny Sikazwe. Namun, sekitar 40 menit kemudian, Tunisia enggan melanjutkan laganya karena sudah mandi es.

Sebagaimana diketahui pada laga kedua tim pada fase grup F Piala Afrika 2021 itu berakhir 1-0 untuk kemenangan Mali. Laga sendiri berlangsung di stadion Stadion Limbe.

Gol tunggal dari Mali disumbangkan oleh Ibrahim Kone pada menit ke-48 lewat tendangan titik penalti. Dengan kemenangan ini, Mali berada dalam posisi kuat untuk lolos ke babak 16 besar.

Tentunya jika melihat padatnya jadwal pertandingan di Piala Afrika 2021, sulit melihat adanya laga tanding ulang. Namun, Tunisia saat ini bersikukuh untuk melakukan pertandingan ulang dengan Mali.[]