Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPR Aceh) Fraksi PKS, Tgk. H. Irawan Abdullah, S.Ag kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 30 Januari 2023 episode ke 47 Tahun ke 3 dengan tema: Dukung Usulan Kenaikan Biaya Haji Rp69 Juta. Benarkah Kakanwil Kemenag Aceh Korbankan Masyarakat Miskin Demi Jabatan? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Dengan Tangan Kosong

Dua Ton Sampah Plastik Berhasil Diangkat Dari Krueng Dhoe Montasik

Dua Ton Sampah Plastik Berhasil Diangkat Dari Krueng Dhoe MontasikAMSA
Sampah Plastik Berhasil Diangkat Dari Krueng Dhoe Montasik

MEDIAACEH.COM - Puluhan penghobi Olahraga  Rekreasi  Paser  Ikan atau berburu ikan dengn menggunakan modifikasi senapan angin yang tergabung dalam komunitas Solidaritas Paser Mania Aceh (SPAMA) menggelar kegiatan Bakti Sosial yang berlokasi di Krueng Dhoe, Gampong Lamnga Kec. Montasik Kab. Aceh Besar (15/1/2023).

Kegiatan Bakti Sosial yang dikemas dengan tema "SPAMA Peduli Krueng Dhoe" ini diisi dengan beberapa kegiatan, diantaranya pembersihan sampah plastik di sungai dan sepanjang bantaran sungai Krueng Dhoe. Ketua Umum SPAMA, Bukhari ST MT mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan perairan yang bersih dan terbebas dari limbah sampah plastik, sekaligus untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan bahaya mengkonsumsi ikan yang terkontaminasi mikro plastik sehingga dapat mengakibatkan penyakit kanker, mengingat potensi ikan air tawar di Krung Dhoe ini sangat melimpah dan sering ditangkap dan dikonsumsi oleh masyarakat.

Secara bergotong-royong, sebanyak 2 Ton sampah plastik tersebut berhasil dikumpulkan dengan menggunakan tangan kosong dan selanjutnya diangkut dengan menggunakan truk sampah dari Dinas Kebersihan Kabupaten Aceh Besar.

Selain pembersihan sampah plastik, guna terciptanya kelestarian ikan di Krung Dhoe para Pemaser Ikan ini juga melepas liarkan ribuan benih ikan ikan Mas.

"Alhamdulillah ribuan benih ikan dari hasil sumbangan sukarela seluruh anggota SPAMA ini berhasil kita lepas liarkan di beberapa titik sepanjang aliran Krueng Dhoe, semoga nantinya ikan-ikan di sungai ini dapat terjaga kelestariannya" ujar Andryasmar selaku koordinator kegiatan tersebut.

Geuchik gampong Lamnga Kec. Montasik, Bapak Wahyu sangat mengapresiasi dan menyambut baik serta mendukung kegiatan Bakti Sosial ini. Beliau juga berharap semoga melalui kegiatan ini masyarakat dapat tergugah hatinya untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di sungai dan bantarannya. Beliau juga berharap kepada Pemerintah agar dapat memperhatikan permasalahan kebersihan di Krung Dhoe ini, mengingat potensi Krueng Dhoe ini jika dilelola dengan baik maka akan mampu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRA Bapak Tezar Azwar, M.Sc, Bapak Karim Mukim Montasik, Bapak Wahyu Geuchik Lamnga, para Tokoh Masyarakat Montasik dan puluhan anggota Solidaritas Paser Mania Aceh (SPAMA)

Rubrik:Headline, ACEH