Tgk Kasem Meukat Ubat, kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin 15 Agustus 2022 episode ke 103 Tahun ke II dengan tema: 17 Tahun MoU Helsinki, Jakarta Tipu Aceh atau Elit Aceh Tipu Rakyat Aceh? yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Gajah Jinak

Evakuasi Gajah Liar dari Kampung Negeri Antara

Evakuasi Gajah Liar dari Kampung Negeri AntaraSamsuddin
Dua gajah jinak ketika mengevakuasi gajah liar di Kecamatan Pintu Rime Gayo

MEDIAACEH.COM – Badan Panangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bener Meriah bersama tim  Conservation Respon Unit (CRU) Das Peusangan, TNI,Polri dan masyarakat setempat mengevakuasi seekor gajah liar dari Kampung Negeri Antara, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah menuju Sayeng di Kecamatan tersebut.

Evakuasi yang dilakukan itu  turut melibatkan dua ekor gajah jinak dari CRU Sayeng. Rabu, 29 Juni 2022.

Kalak BPBD Bener Meriah melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Anwar Sahdi menyebutkan, jarak antara titik yang ditemukan dengan mobil evakuasi sejauh 1 kilometer, sehingga butuh waktu untuk mengevakuasinya.

“Gajah liar itu di bius, dari titik ditemukan sekitar 1 kilometer, kita khawatir sebelum tiba ke tempat gajah liar itu tersadar. Karena saat ini Gajah liar itu dalam posisi setengah sadar,” ungkap Anwar Sahdi.

“Jalur evakuasi sudah selesai dibuat dan alat berat BPBD sedikit lagi mencapai titik awal pengiringan,” tambahnya.

Ia menceritakan, dari jalan nasional Bireuen-Takengon gajah liar itu dinaikan ke dalam truk BKSDA dan dibawa ke Sayeng dengan jarak tempuh mencapai 5 kilometer.

“Mudah-mudahan evakuasi ini berjalan sesuai yang kita harapkan,“ harapnya.[]

Rubrik:Headline, Aceh