Sekretaris Pusham Unsyiah, Suraiya Kamaruzzaman, menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 20 Januari 2022 episode ke 44 Tahun ke II dengan tema: Apakah Cambuk Solusi Terakhir Bagi Predator Seksual?, yang dipandu oleh host Siti Aminah Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Breaking News

Siap-siap!

Kartu Prakerja Gelombang 16 Bakal Dibuka Bulan Ini

Kartu Prakerja Gelombang 16 Bakal Dibuka Bulan IniANTARA
Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menyebut pendaftaran kartu prakerja gelombang 16 akan dibuka pada bulan ini.

JAKARTA - Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menyebut pendaftaran kartu prakerja gelombang 16 akan dibuka pada bulan ini.

Pendaftaran gelombang selanjutnya dibuka Maret 2021 untuk memenuhi target menyelesaikan 2,7 juta pendaftar pada kuartal I 2021.

Target tersebut sebelumnya disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Betul (gelombang ke-16 dibuka bulan ini)," jawabnya lewat pesan singkat, Kamis (18/3).

Dengan target itu, kemungkinan gelombang selanjutnya bantuan akan diberikan kepada 300 ribu orang, turun setengahnya dari gelombang sebelumnya yakni 600 ribu orang.

Angka diambil dari akumulasi empat gelombang yang dilaksanakan pada tahun ini sejak Februari lalu.

Sejak gelombang ke-12 hingga gelombang lima belas, tercatat setiap gelombang menyaring 600 ribu peserta sehingga secara akumulasi tercatat sebanyak 2,4 juta orang yang mendapatkan bantuan.

"Kemungkinan seperti itu," jawab Louisa.

Sementara, pendaftaran gelombang ke-15 baru dibuka pada siang tadi pukul 12.00 WIB.

Program ini akan memberikan kesempatan kepada pencari kerja, karyawan, korban PHK, hingga pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) untuk Cara mendaftar program Kartu Prakerja Gelombang 15 sendiri cukup mudah. Pertama, membuat akun di laman resmiwww.prakerja.go.id, dengan mengklik menu 'Buat Akun'. Selanjutnya, isi kolom yang tersedia dengan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi untuk login ke akun.

Kemudian, lakukan konfirmasi melalui tautan yang dikirim melalui email. Setelah berhasil daftar akun dan login ke akun, masuk ke dashboard akun.

Pada bagian verifikasi KTP, isi kolom yang tersedia dengan NIK, nomor KK dan tanggal lahir dengan sebenar-benarnya, kemudian klik tombol 'Berikutnya'.

Lalu, lengkapi data diri dan unggah foto KTP, lakukan verifikasi nomor handphone, dan klik 'Kirim'. Sistem akan mengirimkan kode OTP via SMS ke No HP lalu masukkan nomor tersebut kolom yang tersedia, kemudian klik 'Verifikasi'.

Berikutnya, isi Pernyataan Pendaftar sesuai dengan kondisi Anda, kemudian klik 'Oke'. Setelah tahap tersebut selesai, ikuti Tes Motivasi & Kemampuan Dasar dengan mengklik 'Mulai Tes Sekarang'.

Usai mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi dan tahap berikutnya adalah seleksi Gelombang. Pilih Gelombang yang diinginkan disesuaikan dengan domisili, lalu klik 'Gabung'.

Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan Gelombang. Bila sudah sesuai, klik 'Ya, Gabung'.Akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pertanyaan. Klik 'Saya menyetujui" untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya. Tahap pendaftaran pun selesai.