Breaking News

Komisi I Minta TNI Bantu Tangani Banjir

Komisi I Minta TNI Bantu Tangani Banjir
Sejumlah relawan membantu warga menyeberangi Sungai Ciberang untuk dievakuasi ke tempat aman di Kampung Susukan, Lebak, Banten, Kamis (2/1/2020). Proses evakuasi warga hanya bisa mengandalkan perahu karet karena jembatan penghubung di lokasi itu hancur diterjang banjir bandang hari Rabu (1/1). ANTARA

JAKARTA - Komisi I DPR RI meminta prajurit TNI untuk turut serta dalam penanganan banjir di DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Saya meminta TNI ikut bersiaga dan turun serta aktif membantu korban banjir," ujar Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid kepada wartawan, Kamis (2/1).

Meutya menyebut pelibatan TNI dalam penanganan bencana bukan hal terlarang. Pasalnya, ada fungsi non perang yang juga harus dilaksanakan prajurit TNI.

Terlebih, kata politisi Partai Golkar ini, masih banyak warga yang belum dievakuasi dari genangan banjir di tempat tinggalnya.

"Melihat cukup sulitnya medan akibat banjir yang cukup dalam dan di beberapa bagian alirannya cukup deras, maka perlu TNI membantu sebagai bagian dari fungsi Operasi Selain Perang," jelasnya.

Meski begitu, kata dia, TNI dalam bertugas dibencana alam tetap harus berkordinasi dengan pihak pemerintah di daerah bencana.

"Perlu berkoordinasi dengan pemerintah daerah baik pemerintah propinsi maupun pemerintah kabupaten kota. Karena dalam hal ini TNI sifatnya membantu," demikian Meutya.

Rubrik:News
Sumber:RMOL.ID