Presiden Duta Central Revolusi Rakyat (DCRR), Sufaini Usman Syekhy (Tgk Syekhy) kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 5 Desember 2022 episode ke 31 Tahun ke 3 dengan tema: Mimpi Aceh Merdeka Mulai Dilupakan Petinggi GAM? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh

Komit Bantu Penanganan Air Bersih di Melingge dan Rinon

Komit Bantu Penanganan Air Bersih di Melingge dan RinonProkopim Setdakab Aceh Besar
Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Besar, Drs Sulaimi MSi melakukan pertemuan dan audiensi dengan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Aceh, Deni Arditya ST MT di aula BPPW Aceh di Gampong Lamsayuen, Kecamatan Ingin Jaya, Jumat siang (5/8/2022).

MEDIAACEH.COM – Untuk membantu ketersediaan air bersih bagi masyarakat Melingge dan Rinon, Kecamatan Pulo Aceh, Aceh Besar, pihak Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Aceh menyatakan komitmen untuk memberikan bantuan agar warga dapat lebih mudah menikmati air bersih.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Besar, Drs Sulaimi MSi kepada wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (6/8/2022) menjelaskan, sehari sebelumnya pihak Pemkab Aceh Besar telah melakukan pertemuan dan audiensi dengan Kepala BPPW Aceh, Deni Arditya ST MT di Kantor BPPW Aceh di Gampong Lamsayuen, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir pejabat terkait lainnya di BPPW Aceh serta Tim Askot Mandiri Program Kotaku Kabupaten Aceh Besar Maya Keumala Dewi. “Alhamdulillah, pihak BPPW Aceh berjanji akan komit untuk membantu masyarakat kita.

Adapun untuk kali ini, lokasi air bersih yang akan dijadikan kegiatan optimalisasi berada di Gampong Melingge dan Rinon. Terima kasih atas respons yang sangat baik dari pihak BPPW. Semoga kegiatan ini akan segera terwujud dan dinikmati masyarakat,” jelas Sulaimi.

Program penyediaan air bersih bagi kedua gampong di wilayah kepulauan di Aceh Besar itu sudah pernah diusahakan sejak tahun 2014 lalu. Namun, hingga kini belum tercapai 100%. Oleh sebab itu, dukungan dan komitmen dari pihak BPPW Aceh disambut baik sebagai tindak lanjut dari kegiatan penyediaan air bersih bagi masyarakat Pulo Aceh.

Sekdakab Aceh Besar itu juga berharap kepada Muspika, tokoh masyarakat ,dan warga di Gampong Melingge dan Rinon agar mendukung penuh program ini dan nantinya dapat menjaga dan memelihar bersama-sama fasilitas air bersih yang akan dibangun di wilayah tersebut. Selain air bersih, warga juga diminta melakukan penanganan sampah secara baik, sehingga lingkungan sekitar selalu bersih, indah, dan terpelihara.

Kecamatan Pulo Aceh, yang termasuk bagian dari Kabupaten Aceh Besar merupakan sebuah wilayah kepulauan yang terdampak langsung akibat musibah gempa dan tsunami pada 26 Desember 2004 lalu. Berbagai infrastruktur dan pemukiman warga lulu lantak diterjang gelombang amuk samudera tersebut. Bahkan, banyak warganya yang syahid dan hilang.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh, Deni Arditya ST MT menyambut baik kunjungan dan audiensi Sekdakab Aceh Besar tersebut. Menurut Deni, harapan dari masyarakat Gampong Melingge dan Rino, Kecamatan Pulo Aceh terhadap air bersih merupakan hal yang sangat dimaklumi, sebab air bersih adalah bagian penting dalam kehidupan.

“Insya Allah, kami segera menyampaikan harapan masyarakat ini kepada pimpinan di Jakarta. Intinya, kami bakal berusaha maksimal dan komit untuk membantu warga Melingge dan Rinon tersebut,” ungkap Kepala BPPW Aceh.[]

Rubrik:Headline, Aceh, ISWANTO