Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Breaking News

Kompor Gas Meledak, Rumah Warga Seuneubok Lapang Terbakar

Kompor Gas Meledak, Rumah Warga Seuneubok Lapang TerbakarSerambinews
Dapur rumah milik Syarifuddin (47), warga Desa Seuneubok Lapang, Kecamatan Darul Ikhsan, Aceh Timur, terbakar, Selasa (1/12/2020) siang.

IDI - Tabung gas meledak setelah disambar api saat memasak menyebabkan dapur rumah milik Syarifuddin (47), warga Desa Seuneubok Lapang, Kecamatan Darul Ikhsan, Aceh Timur, terbakar, Selasa (1/12/2020) siang.

"Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun korban mengalami kerugian jutaan rupiah," ungkap Kapolsek Darul Ikhsan Ipda Sukemi.

Awal terjadinya kebakaran tersebut saat istri Syarifuddin memasak nasi di dapur menggunakan kompor gas, sedangkan Syarifuddin saat itu duduk di depan pintu dapur.

Tiba-tiba terdengar suara ledakan keras pada kompor gas dan apinya langsung menyambar ke atap rumah yang terbuat dari daun rumbia. Sehingga dapur rumah tersebut pun terbakar.

Warga yang mendengar ledakan itu, langsung berdatangan ke rumah Syarifuddin untuk membantu memadamkan api yang membakar atap rumah.

Sekitar 15 menit kemudian, api dapat dipadamkan dengan peralatan seadanya.