Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Breaking News

Jelang Penentuan Nasib

Kubu AHY Yakin Kemenkumham Objektif

Kubu AHY Yakin Kemenkumham ObjektifArsip Pribadi
Politikus Partai Demokrat Herzaky Mahendra yakin keputusan Kemenkumham soal kepengurusan akan objektif.

JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yakin Pemerintah akan memutus nasib kepengurusan Partai Demokrat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang berdasarkan pertimbangan yang objektif.

Diketahui, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly akan mengumumkan keputusan terkait nasib pengajuan kepengurusan Demokrat kubu KLB hari ini.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra meyakini keputusan yang dibuat pemerintah tetap bersandar Undang-undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Perubahan atas UU Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik (Parpol), Permenkumham Nomor 34 Tahun 2017, serta Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Demokrat 2020.

"Kami memiliki keyakinan kuat, pemerintah, melalui Kemenkumham, akan memutus kasus ini dengan objektif dan adil," kata Herzaky kepada wartawan, Selasa (31/3).

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga berharap para pengurus, kader, dan simpatisan Partai Demokrat di bawah kepemimpinan AHY dapat terus melanjutkan kerja-kerja nyata untuk membantu rakyat terdampak pandemi Covid-19 dan bencana, setelah Yasonna mengumkan nasib Partai Demokrat hasil KLB nanti.

Berdasarkan undangan yang diterima CNNIndonesia.com, Yasonna akan mengumumkan keputusan kasus ini dengan didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kemenkumham Cahyo R. Muzhar.