Koordinator Masyarakat Pengawal Otsus (MPO) Aceh, Syakya Meirizal menjadi narasumber peHTem edisi Senin 17 Mei 2021 Episode 39 dengan Tema: Benarkah Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Aceh Terjajah? yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Breaking News

Pengadilan Negeri Takengon

Luncurkan Layanan SIPESAT

Luncurkan Layanan SIPESATSamsuddin
Program SIPESAT

TAKENGON - Pengadilan Negeri Takengon meluncurkan program inovasi layanan Sidang Perkara Perdata Permohonan Perbaikan Akta Sipil Secara Cepat (SIPESAT) mulai 15 Maret 2021. Layanan SIPESAT berkantor di ruang Kartika, PN Takengon.

Program SIPESAT merupakan inovasi One Day Service langsung memberikan manfaat kepada masyarakat yang hendak mengajukan permohonan perbaikan Akta Sipil (Kartu Keluarga, KTP, dan Kutipan Akta Lahir).

Disampaikan Ketua Pengadilan Takengon, Endi Nurindra Putra, SH, MH, layanan one day service ini sangat membantu masyarakat yang tinggal di wilayah Kabupaten Aceh Tengah.

“Dalam satu hari bisa selesai dan masyarakat tidak perlu berhari-hari menunggu,” ujar Nurindra, Jumat, 9 April 2021.

Layanan terhadap permohonan perbaikan akta sipil tersebut diselesaikan dalam waktu satu hari mulai dari pendaftaran, pemeriksaan perkara di persidangan, pengambilan penetapan hingga pengembalian sisa biaya panjar perkara.

Pihak pengadilan mengajak masyarakat untuk mendaftarkan diri setiap Senin, waktu kerja di Pengadilan Negeri Takengon.

“Pendaftaran dapat dilakukan setiap hari Senin mulai pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB di meja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Negeri Takengon dengan membawa kelengkapan persyaratan dan membayar biaya perkara,” lanjut Ketua PN Takengon.

Program yang baru berjalan di Aceh Tengah merupakan inovasi Endi Nurindra Putra dan sudah mulai berjalan dengan baik.

Program inovasi ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya yang berdomisili di wilayah Aceh Tengah.

Topografi wilayah berbukit dan jauh dari kota dan akses transportasi yang tidak mudah, menjadi kendala bagi masyarakat.

Dengan adanya program inovasi layanan SIPESAT, masyarakat dapat merasakan manfaat dari sisi efisiensi biaya transportasi, penyelesaian perkara secara cepat, layanan mudah dan biaya yang ringan.

Menurut Endi, program inovasi layanan SIPESAT telah disosialisasikan ke masyarakat dan instansi terkait Disdukcapil Kabupaten Aceh Tengah. Program ini juga sudah dapat digunakan oleh masyarakat sejak 15 Maret 2021 lalu.

“Sudah kita sampaikan ke pihak Disdukcapil, agar bersama menyosialisasikan program SIPESAT ke masyarakat, agar semua mendapatkan pelayanan mudah dan terjangkau,” ajak Ketua Pengadilan Endi Nurindra.[]