Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Breaking News

Cegah Corona

Nurmiaty Sambangi Langsung Rumah Warga

Nurmiaty Sambangi Langsung Rumah WargaHUMAS PEMKO BANDA ACEH
Ketua Dekranasda Kota Banda Aceh Nurmiaty AR bersama Wakil Ketua Fauziah beserta anggotanya membagikan masker secara door to door.

BANDA ACEH – Pemerintah Kota Banda Aceh di bawah kepemimpinan Wali Kota Aminullah Usman semakin gencar melakukan sosialisasi dan pencegahan virus corona. Berbagai terobosan baru terus dilakukan untuk menekan laju penyebaran Covid 19 di Banda Aceh.

Kali ini gebrakan baru memerangi corona datang dari Ketua Tim Penggerak PKK yang juga Ketua Dekranasda Kota Banda Aceh Nurmiaty AR bersama Wakil Ketua Fauziah beserta anggotanya dengan membagikan masker secara door to door.

Inovasi tersebut juga disertai edukasi protokol kesehatan kepada warga yang dilaksanakan pada Selasa, 12 Agustus 2020 siang di Gampong-gampong dalam Kota Banda Aceh.

Bergerak dari pendopo wali kota di kawasan Blangpadang, Nurmiaty dan sejumlah kader PKK menyisir ke dalam pemukiman padat penduduk di Gampong Penyeurat dan Sukaramai untuk membagikan masker langsung ke rumah-rumah warga.

Meski harus melewati lorong gang yang sempit, rupanya hal itu tak menjadi penghalang baginya dan rombongan.

Setiba di lokasi, Nurmiaty yang juga didampingi drg Supriady langsung turun mengetuk satu persatu pintu rumah warga untuk memberikan masker dan sabun cuci tangan kepada pemilik rumah.

Selain itu Nurmiaty juga memberi edukasi kesehatan dan mengingatkan kepada warga agar tetap memakai masker walau berada di rumah, Ia juga mensosialisasikan kepada warga agar selalu rajin mencuci tangan.

“Tolong ya Bapak-Ibu dipakai maskernya walau sedang di rumah, Ini demi keselamatan kita bersama untuk mencegah kita dari Covid 19, dan selalu cuci tangan pakai sabun setelah beraktifitas,” ujarnya kepada salah satu warga.

Menurut Nurmiaty, ia terus sosialisasikan kepada warga Kota Banda Aceh supaya bisa peduli dan sadar pandemi ini belum selesai, oleh karena itu, ia langsung turun ke rumah rumah warga untuk membagikan masker.

“Ini saya lakukan bukan sekedar mengetuk rumah warga tapi juga mengetuk hati warga Kota Banda Aceh untuk patuh dan disiplin dalam menaati protokol kesehatan,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Anggota Pokja 4 PKK drg Supriady tujuan pembagian masker dan sabun cuci tangan ini untuk membiasakan masyarakat supaya terbiasa menggunakan masker dan rajin cuci tangan.

“Ini satu langkah tepat agar masyarakat kita selalu menggunakan masker saat di rumah atau berpergian keluar, dan menjadi pembelajaran tersendiri bagi warga sehingga kita bisa menekan laju penyebaran virus covid 19,” ujarnya.