Personel Polda Aceh akhirnya memberikan police line pada ratusan karung berisi limbah hasil tambang yang diduga illegal di pelabuhan Tapaktuan, Kamis (25/2/2021). Personel kepolisian daerah Aceh tersebut tiba di lokasi pengemasan limbah hasil tambang sekitar pukul 17:00 WIB dan langsung memasang police line (garis polisi). “Maaf, saya belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut, kami juga sedang proses pemeriksaan dan untuk informasi akan di informasikan oleh bagian humas kami,”katanya.

Breaking News

Petani di Aceh Tenggara Bakal Terima Kartu Tani

Petani di Aceh Tenggara Bakal Terima Kartu Tani

ACEH TENGGARA - Kepala Dinas Pertanian Aceh Tenggara H Guntur SE mengatakan sebanyak 23.611 kartu tani akan diserahkan kepada petani yang terdaftar sebagai kelompok tani.

Peluncuran kartu tani gara mempermudah proses pendataan, penerapan dan sebagai meminimalisir kelangkaan pupuk bersubsidi serta untuk kesejahteraan para petani.

Fakhri Umri, Assistant Brancless Banking/ PIC Kartu Tani BNI Cab Langsa menerangkan bahwa kartu tani tersebut adalah suatu terobosan untuk memudahkan dinas pertanian kabupaten dalam hal pengawasan dan pemantauan. 

"Petani yang terdaftar sebagai penerima kartu tani itu sudah kita buat didalam database sehingga memudahkan dinas pertanian dalam pendataan, penerapan serta meminimalisir kelangkaan pupuk yang terjadi,"kata Fakhri, Selasa (12/1).

Kemudian Fakhri juga menyebutkan selain untuk memudahkan para petani dalam pengambilan hak para petani, kartu tani ini adalah kartu identitas bagi petani (Id card) yang di rancang multi fungsi bisa di gunakan sebagai buku tabungan dan pemodalan dan pendistribusian hasil panen para petani.

Sementara itu, di ruang kerjanya , Guntur, kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tenggara kepada Media Aceh (12/1) mengatakan Hal yang sama dimana Kartu tani yang di serahkan kepada para petani ini adalah tahapan pengawasan yang  memudahkan dalam pengontrolan.

"Pada umum nya, agar kita mengetahui hak yang di ambil dan hak yang belum di ambil oleh petani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi dengan harga Harga enceran tertinggi (HET) tidak boleh gandeng dengan pupuk yang lain," katanya.

Lanjut Guntur, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) sebagai pihak penyerahan kartu tani untuk wilayah masing-masing sudah di berikan wewenang sebagai petugas penyerahan dan pengawasan terkait kartu tani tersebut.

"Oleh sebad itu, kita sudah beri wewenang kepada BPP kecamatan masing-masing sebagai pihak pendataan, penerapan dan pengawasan terkait kartu tani ini,"jelas kadis Pertanian Agara.

Kadis Pertanian Agara, juga menghimbau bagi para petani yang belum terdaftar sebagai anggota kelompok tani agar segera menyerahkan kartu keluarga (KK), kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada kelompok tani di desa kemudian lanjut menyerahkan kepada BPP kecamatan masing-masing supaya di data sebagai penerima kartu tani.

SALIHAN BERUH