Koordinator Masyarakat Pengawal Otsus (MPO) Aceh, Syakya Meirizal menjadi narasumber peHTem edisi Senin 17 Mei 2021 Episode 39 dengan Tema: Benarkah Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Aceh Terjajah? yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Breaking News

Polisi Tetapkan Tersangka Penyebar Foto Pacar tanpa Busana ke Medsos

Polisi Tetapkan Tersangka Penyebar Foto Pacar tanpa Busana ke MedsosSerambinews
Kasat Reskrim Polres Bener Meriah, Iptu Rifki Muslim.

REDELONG - Satreskrim Polres Bener Meriah telah menetapkan satu orang tersangka yang diduga menyebar foto pacar tanpa busana ke media sosial (medsos).

Kapolres Bener Meriah, AKBP Siswoyo Adi Wijaya SIK melalui Kasat Reskrim, Iptu Rifki Muslim kepada Serambinews.com, Rabu (2/12/2020) mengatakan, pihaknya telah menetapkan satu orang tersangka berinisial YD (19) yang diduga telah menyebar foto kekasihnya tanpa busana ke media sosial (medsos) miliknya.

“Terhitung mulai hari ini pelaku sudah kita tetapkan sebagai tersangka,” ujar Kasat Reskrim Polres Bener Meriah, Iptu Rifki Muslim.

Menurut Rifki, YD menyebarkan foto tanpa busana milik kekasihnya itu di akun media sosial milik tersangka.

“Awalnya YD meminta uang kepada korban, si korban tidak memiliki uang, kemudian YD meminta dikirimkan pulsa senilai Rp 100 ribu, untuk pulsa korban juga tidak memiliki uang, selanjutnya tersangka mengancam menyebarkan foto tak senonoh milik kekasihnya itu ke medsos,” ungkap Rifki.

Lanjutnya, karena korban tidak memiliki uang ia pasrah ketika pelaku mengupload foto korban tanpa mengenakan busana ke medsos milik pelaku.

Disebutkan Rifki, pihaknya juga akan memanggil para saksi-saksi yang pertama melihat foto korban tersebar di media sosial.

“Awalnya si korban tidak mengetahui bahwasanya fotonya itu tersebar di media sosial, setelah dikasih tahu oleh para saksi, kemudian korban membuat laporan pengaduan ke Polisi,” sebut Rifki.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang pemuda asal Bener Meriah berinisial YD (19) ditangkap aparat kepolisian Polres Bener Meriah, Selasa (1/12/2020) karena diduga menyebarkan foto bugil kekasihnya di media sosial.

Akibat perbuatannya YD kini mendekam di sel tahanan Mapolres Bener Meriah.

Kapolres Bener Meriah, AKBP Siswoyo Adi Wijaya SIK mengatakan, pelaku nekat menyebar foto bugil pacarnya karena sakit hati lantaran kekasihnya berinisial AU (19) tidak mau memberikan pulsa senilai Rp 100.000 yang diminta oleh YD.

“Karena sakit hati tidak mau diisikan pulsa, YD nekat menyebar foto bugil kekasihnya di akun media sosial milik pelaku dengan tujuan agar korban malu,” ungkap AKBP Siswoyo.

Lanjut Siswoyo, selama mereka menjalin asmara, memang ada beberapa kali korban mengirimkan foto yang tidak senonoh kepada pelaku melalui akun media sosial WhatsApp atas permintaan pelaku.

Atas tindakan kedua remaja tersebut, Kapolres mengaku prihatin dan menghimbau kepada  warga Bener Meriah agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial, juga kepada para orang tua agar mengawasi anaknya dalam menggunakan media sosial.

Dengan adanya pengawasan orang tua, diharapkan tindakan semacam ini tidak terulang lagi di kabupaten Bener Meriah, karena hal tersebut sudah melewati batas dan norma agama, sebut Kapolres Bener Meriah.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 27 Ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman enam tahun penjara dan denda Rp 1 miliar rupiah.