Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPR Aceh) Fraksi PKS, Tgk. H. Irawan Abdullah, S.Ag kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 30 Januari 2023 episode ke 47 Tahun ke 3 dengan tema: Dukung Usulan Kenaikan Biaya Haji Rp69 Juta. Benarkah Kakanwil Kemenag Aceh Korbankan Masyarakat Miskin Demi Jabatan? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Latih Kompetensi Tenaga Perpustakaan

Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Latih Kompetensi Tenaga PerpustakaanTim Kreatif
penandatangan naskah kerjasama antara Kelompok Kerja Guru (KKG) SD PAI Bireuen dengan Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry,

MEDIAACEH.COM - Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh bersama PD Ikatan Pustakawan Indonesia Aceh melatih kompetensi pengelola perpustakaan sekolah di Kabupaten Bireuen. Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 22-25 November 2022 bertempat di Komplek SPNF-SKB Bireuen.

Diklat yang diperuntukkan bagi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kabupaten Bireuen dibuka secara resmi oleh Kadisdik Bireuen Muhammad Al Muttaqin SPd MPd. Turut dihadiri oleh Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kemenag Bireuen, Sulaimannur SAg dan Ketua KKG SD PAI Bireuen Muhammad Salim SPdI.

Dalam sambutannya Kadisdik Bireuen Muhammad Al Muttaqin SPd MPd mengatakan bahwa pengelola perpustakaan dituntut untuk dapat berpikir inovatif dan kreatif agar siswa gemar berkunjung dan membaca di perpustakaan.

Selain itu, Al Muttaqin berharap perpustakaan selain menyediakan literatur buku yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, pengelola perpustakaan juga harus melakukan inovasi seperti menyediakan buku bacaan seperti Kitab Jawi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Syarifuddin MA PhD melalui Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr Ajidar Matsyah LC MA mengungkapkan bahwa saat ini kebutuhan pustakawan di Indonesia, termasuk Aceh tidak sebanding dengan jumlah lulusan dari Prodi Ilmu Perpustakaan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi.

Menurut Ajidar, keberadaan perpustakaan memiliki peran penting dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu harus didukung dengan tersedianya sarana prasarana yang cukup memadai dan dikelola secara profesional serta mampu beradaptasi dengan kemajuan di era digital.

"Ke depan kita berharap pengelola perpustakaan sekolah itu harus dari lulusan Ilmu Perpustakaan atau setidaknya yang sudah mengikuti Diklat Pengelolaan Perpustakaan seperti hari ini,"kata Ajidar Matsyah, Selasa (22/11/2022).

Sebelumnya, Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh Mukhtaruddin MLIS menjelaskan bahwa Diklat Pengelolaan Perpustakaan bagi Guru PAI di kabupaten Bireuen merupakan bagian dari realisasi kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Pendidikan Agama Islam (PAI) kabupaten Bireuen dengan Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Lebih lanjut, Mukhtar menjelaskan bahwa selama empat hari, sebanyak 85 orang peserta yang dibagi dalam dua angkatan dilatih dengan berbagai keterampilan teknis tentang pengelolaan perpustakaan sekolah.

Selanjutnya, di hari terakhir mereka akan dibekali dengan pelatihan sistem otomasi perpustakaan oleh para dosen dan alumni Prodi Ilmu Perpustakaan yang bergabung dalam PD IPI Aceh dan Aceh Library Consultant.

Diklat tersebut menghadirkan narasumber masing-masing Kadisdik Bireuen Muhammad Al Muttaqin, Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan Mukhtaruddin, Zubaidah, Suherman, Abdul Manar, Nazaruddin, Siti Aminah, Arkin dan sejumlah narasumber dan instruktur lainnya dari PD IPI Aceh dan ALC. []

Editor:
Rubrik:Headline