Tgk Kasem Meukat Ubat, kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin 15 Agustus 2022 episode ke 103 Tahun ke II dengan tema: 17 Tahun MoU Helsinki, Jakarta Tipu Aceh atau Elit Aceh Tipu Rakyat Aceh? yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh

Targetkan 22.000 Siswa SMA Aceh Lulus di PTN Tahun Ini

Targetkan 22.000 Siswa SMA Aceh Lulus di PTN Tahun IniFor mediaaceh.com
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh, Ir Alhudri MM memberikan sambutan seusai melantik Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA dan SMK Aceh di Aula Disdik Aceh, Selasa (16/3/2021) siang.

BANDA ACEH - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh, Drs Alhudri MM melantik Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA dan SMK Provinsi Aceh Periode 2021-2025 di Aula Dinas Pendidikan Aceh, Selasa (16/03/2021).

Dalam acara itu, Kadisdik menyebutkan sejumlah target yang sudah dipatok oleh dinas tersebut tahun ini dan itu harus tercapai.

Di antaranya, untuk level SMA pihak Disdik menargetkan sebanyak 22.000 siswa Aceh akan lulus di perguruan tinggi negeri (PTN) tahun ini.

Selanjutnya, sebanyak 14.000 siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) ditargetkan bisa bekerja mandiri atau diterima bekerja di industri, dunia usaha, dan dunia kerja (Iduka).

“Sedangkan untuk sekolah luar biasa (SLB), kita targetkan kemandirian mereka dalam kehidupan dan dapat bersosialisasi di tengah masyarakat,” kata Alhudri.

Lebih lanjut Alhudri menyebutkan, fokus capaian utama tahun 2021 ini terbagi dalam dua hal, yakni siswa, serta guru dan tenaga kependidikan (GTK).

"Untuk siswa SMA akan dilaksanakan try out masuk PTN, untuk siswa SMK akan dilakukan kerja sama dengan Iduka. Sedangkan untuk GTK, sebanyak 400 guru lulus sebagai calon kepala sekolah dan 200 calon sebagai pengawas baru," beber Alhudri.

Menurutnya, untuk mewujudkan capaian ini diperlukan kolaborasi antara MKKS SMA dengan MKKS SMK.

Tentunya dengan membangun komunikasi yang baik sesama sekolah untuk mencapai cita-cita yang mulia ini.

Ia jelaskan, mekanisme yang dilakukan Disdik Aceh untuk mencapai target tersebut adalah meliputi pedoman buku kerja, kesesuaian buku kerja dengan kenyataan yang menjadi penilaian utama, kerja nyata, ada bukti, tidak banyak teori dan retorika.

"Kekompakan, saling menjaga, dan saling bahu-membahu, belajar pada orang yang tahu, konsisten, dan fokus pada target itulah tanda sukses kita tahun 2021 ini, yakni dengan menaruh harapan semua target bisa tercapai," imbuh Alhudri.

Pelantikan Pengurus MKKS itu dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Teuku Nara Setia MSi, para pejabat eselon III dan IV di lingkup Disdik Aceh.

Hadir juga Ketua MKKS-SMA Provinsi Aceh, Muhibbul Khibri Mpd (Kepala SMAN Fajar Harapan), Ketua MKKS SMK Aceh, Baihaqi MPd, serta para kepala SMA/SMK se-Aceh.

Prosesi pelantikan pengurus periode 2021-2025 itu menerapkan protokol kesehatan secara ketat.